Sunday, February 1, 2015

PESIKOLOGI PENDIDIKAN

PESIKOLOGI PENDIDIKAN
Pengertian Psikologi
 Istilah Psikologi berasal dari kata psychologie (Bahasa Belanda, dibaca psikolokhi) atau psychology (Bahasa Inggris, dibaca saikoloji). Istilah psikologi merupakan dua akar kata yang bersumber dari bahasa Yunani (Greek),psyche yang berarti jiwa, sedangkan logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi memang berarti ilmu jiwa.
Pengertian Pendidikan

Pendidikan berasal dari kata “didik”, lalu kata ini mendapat awalan “me” sehingga menjadi “mendidik”, artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan dan  pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
Landasan Psikologi Pendidikan

Landasan psikologi pendidikan adalah studi atau ilmu yang mempelajari penerapan dasar dan prinsip-prinsip, metode, teknik dan pendekatan psikologis untuk memahami dam memecahkan masalah-masalah dalam pendidikan. Situasi pendidikan yang menjadi objek utama pengkajian landasan psikologi pendidikan , berintikan interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan para peserta didik, dengan segala aspek-aspek pendukung dari berbagai factor psikologis dan sarana fasilitas tertentu yang berlangsung dalam proses pendidikan.
Tujuan Landasan Psikologi Pendidikan

Telah dijelaskan di atas bahwa inti dari pendidikan adalah interaksi antara guru dengan siswa. Dalam interaksi pendidikan, guru memberikan perkembangan sejumlah bahan ajaran atau latihan melalui penggunaan metode tertentu dan dengan dukungan buku sumber dan alat-alat bantu pelajaran tertentu pula. Penyiapan bahan ajaran,  bahan latihan, pemilihan metode, sumber dan alat-alat bantu pelajaran serta penciptaan interaksi belajar-mengajar, hendaknya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa yang akan menerimanya atau mempelajarinya.
Psikologi Pendidikan
Definisi Psikologi Pendidikan  menurut Arthur S. Reber (1988) seorang guru besar psikologi pada Brooklyn College, University of New York City, University of British Columbia Canada dan University of Innsbruck Australia. Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu Psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut:
Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas.
Pengembangan dan pembaharuan kurikulum.
Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan.
Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif.
Penyelenggaraan pendidikan keguruan.
Kesimpulan
Psikologi pendidikan pada dasarnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti dan  membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan itu meliputi tingkah laku belajar (peserta didik), tingkah laku mengajar (pendidik), dan tingkah laku belajar-mengajar yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar.
Landasan Psikologi pendidikan merupakan dasar landasan dalam proses pendidikan yang membahas dan mengkaji tentang karakteristik dan perilaku manusia serta gejala-gejala yang terjadi pada aspek pribadi manusia (faktor psikologis) pada setiap tahapan usia perkembangan tertentu untuk mengenali dan menyikapi manusia sesuai dengan tahapan usia perkembangannya yang bertujuan untuk memudahkan proses pendidikan. Proses pendidikan yang berlandaskan pada situasi psikologis peserta didik dan pendidik sangat berkaitan dengan perkembangan karakter peserta didik, cara bepikir, menjadikan informasi penting bagi pendidik dalam keberhasilan  proses belajar mengajar.

No comments:

Post a Comment