Monday, April 13, 2015

 

  1. ALAT PERAGA KARTU BILANGAN BULAT

Alat peraga ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan kartu bilangan bulat. Peraga pengenalan kartu bilangan ini terdiri dari bermacam-macam kartu bilangan bulat positif dan negatif . 

  1. Fungsi Alat

Alat ini digunakan untuk menghitung penjumlahan bilangan bulat.

  1. Alat dan Bahan
    1. Alat

1)   Gunting

2)   Pisau

3)   Penggaris

4)   Spidol/pulpen

5)   Gambar 1.1

  1. Bahan

1)   Kertas manila warna merah 2 buah

2)   Kertas manila warna kuning 2 buah

3)   Kaleng transparan 1 buah

4)   Gambar 1.2

  1. Prinsip Kerja Alat

Kartu bilangan bulat ini adalah alat Bantu untuk menjumlahkan bilangan bulat positip dan negatip. contoh penjumlahan bilangan( -6+8=… )dengan menggunakan alat yang sederhana ini siswa tidak terlalu banyak berfikir akan cepat mendapatkan jawaban. Seperti soal di atas kartu yang mempunnyai tanda negatip di masukakn kekaleng sejumlah 6 buah. Dan 8 kartu bilangan pisitip dimaasukan ke kaleng juga. Setelah masuk kemudian kita ambil berpasangan anara poisitip dan negatip dalam satu kali ambil satu pasang, satu pasang sampai habis dan sisanya tidak mempunyai pasangan lagi, apa itu kartu positip maupun kartu negatip itulah nanti merupakan hasilnya.  Kemudian kita hitung yang tidak mempunnyai pasangan satu persatu itulah hasilnya.

 

 

  1. Cara Membuat
    1. Langkah pertama

Ambil kertas manila kita buat bentuk persegi ukuran 5 cm dan kita garis sehingga berbentuk persegi.

  1. Langkah kedua

Kertas manila tadi kita beri tanda positif maupun negatif dengan spidol/pulpen

  1. Langkah ketiga

Ambil gunting untuk memotong kartu positip dan negatip tadi lihat gambar.

  1. Cara Menggunakan Alat

Dalam proses belajar mengajar dengan media yang sederhana ini hendaknya didemontrasikan dilakukan oleh siswa dan guru pembimbing dan menjelaskan konsep yang perlu dipahami oleh siswa dengan bantuan alat ini, ada 2 peranan penting yaitu :

  1. Agar siswa terampil menggunakan suatu alat atau media yang ada dilingkungan agar bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada disekitarnya untuk bisa membantu memecahkan masalah sehari-hari.
  2. Untuk mengetahui tehnik penjumlahan bilangan bulat dengan media dengan konsep ini siswa bisa menemukan rumus sendiri.
  3. Untuk Pengujian alat

Siswa bersama guru mendemontrasikan media yang sudah ada. Contoh dengan soal (-8 + 10 = …) siswa mengambil media kartu bilangan tersebut, semua kartu bilang itu dikeluarkan dan setelah keluar baru kita masukkan sesuai dengan soal diatas yaitu :

  1.  Ambil kartu bilangan negatif 8 buah  lalu dimasukakn kedalam kaleng dan masukan lagi kartu bilangan positif 10 buah.
  2. Setelah itu ambil 1 pasang kartu bilang positif  dan negatif, sampai habis tidak ada pasangannya.
  3. Setelah itu yang tidak ada pasangannya atau sisanya didalam kaleng itu diambil satu-persatu dan dihitung dan ternyata sisanya hanya dua dan tandanya positif. Jadi itulah jawaban dari soal   -8 + 10 = 2

 

 

No comments:

Post a Comment