Monday, April 13, 2015

HAKIKAT PEMBELAJARAN

HAKIKAT PEMBELAJARAN

 

  1. 1.      Pengertian Pembelajaran

Pendidikan, latihan, pembelajaran, teknologi pendidikan istilah – istilah tersebut masing – masing memiliki pengertian sendiri – sendiri, berbeda akan tetapi salinng  berhubungan erat. Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang terseusun meliputi unsur – unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainya, misalnya tenaga laboratorium.  Pembeljaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar  dapat terj adi proses  peme rolehan i lmu dan  pengeta huan ,  penguasaan ke mahi ran dan tabiat , serta  pembentukan sikap dan kepe rcayaan pada  peserta  didik. Dengan katalain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat  berlaku dimanapun  dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai  peng rtian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.

 

  1. 2.      Teori – Teori Pembelajaran.
    1. Mengajar Adalah Upaya Menyampaikan Pengetahuan Kepada Peserta Didik/Siswa Di Sekolah.

Rumusan ini sesuai dengan pendapat dalam teori pendidikan yang mementingkan mata ajar yang harus dipelajari oleh peserta didik. Dalam rumusan tersebut terkandung konsep – konsep, sebagai berikut :

  1. Pembelajaran merupakan persiapan di masa depan.
  2. Pebelajaran merupakan suatu proses penyampaian pengetahuan.
  3. Tinjauan uatama pembelajaran ialah penguasaan pengetahuan
  4. Guru dipandang sebagai orag yang sangat berkuasa
  5. Siswa selalu bersikap dan bertindak pasif
  6. Kegiatan pembelajaran hanya berlangsung dalam kelas

 

  1. Mengajar Adalah Mewariskan Kebudayaan Kepada Generasi Muda Malalui Lembaga Pendidikan Sekolah.

Rumusan ini bersifat lebih umum bila dibandingkan dengan rumusan pertama, namun antara keduanya memiliki pola piker yang seirama. Implikasi dari rumusan ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran bertujuan membentuk manusia berbudaya
  2. Pembelajaran berarti suatu proses pewarisan
  3. Bahan pembelajran bersumber dari kebudayaan
  4. Siswa sebagai generasi muda ahli waris kebudayaan

 

 

  1. Pembelajaran Adalah Uapaya Mengorganisasi Lingkungan Untuk Menciptakan Kondisi Belajar Bagi Peserta Didik.

Rumusan ini dianggab lebih maju dibandingkan dengan rumusan sebelumnya, sebab lebih menitikberatkan pada unsur peserta didik, lingkungan, dan prose belajar. Perumusan ini sejalan dengan pendapat dari Mc. Donald (1959).

Implikasi dari rumusan ini adalah sebagai berikut :

1)      Pendidikan bertujuan mengembangkan atau mengubah tingkah laku peserta didik.

2)      Kegiatan pembelajaran berupa pengorganisasian lingkungan.

3)      Peserta didik sebagai suatu organism yang hidup.

 

  1. Pembelajaran Adalah Upaya Mempersiapkan Peserta Didik Untuk Menjadi Warg Masyarakat Yang Baik.

Rumusan ini didukung oleh para pakar yang menganut pandangan bahwa pendidikan itu berorientasi kepada kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Implikasi dari rumusan ini adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Pembelajaran berlangsung dalam suasana kerja
  3. Peserta didik sebagai calon warga Negara yang memiliki potensi untuk kerja
  4. Guru sebagai pimpinan dan pembimbing bengkel kerja

 

  1. Pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari – hari.

Pandangan ini didukung oleh para pakar yang berorientasi pada kehidupan masyarakat. Sekolah dan masayarakat adalah suatu integrasi. Pendidikan adalah di sini dan sekarang ini ( G. E. Olson, 1945 ). Implikasi dari pengertian ini adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan pembelajaran adalah mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakatnya
  2. Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam hubungan sekolah dan masyarakat
  3. Siswa belajar secara aktif
  4. Guru juga bertugas sebagai komunikator

 

  1. 3.      Ciri – Ciri Pembelajaran.

Ada tiga cirri khas yang terkandung dalam system pembelajran, yakni :

1)      Rencana adalah penataan ketenangan, material, dan prosedur, yang merupakan usur – unsur system pembelajaran, dalam suatu rencana khusus.

 

2)      Kesalaing tergantungan ( interpedependence ), antara unsur – unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan. Tiap usnur bersifat esensial, dan masing – masing memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.

 

3)      Tujuan, sistem pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Cirri ini menjadi dasar perbedaan antara sistem yang dibuat oleh manusia dan sistem yang alami ( natural ). Tujuan utama sistem pembelajaran adalah agar siswa belajar.

 

  1. 4.      Unsur – Unsur Dalam Proses Belajar.

Unsur – unsur minimal yang harus ada dalam sistem pembelajaran adalah seorang siswa/peserta didik, suatu tujuan dan suatu prosedur kerja untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, guru tidak termasuk sebagai sistem pembelajaran, fungsinya dapat digantikan atau dialihkan kepada media sebagai pengganti, seperti : buku, slide dan sebagainya. Namun kepala sekolah dalam menjadi salah satu bagian dari unsur sistem pembelajaran, karena berkaitan dengan prosedur perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Unsur dinamis pembelajaran pada diri guru terdiri dari motivasi membelajarkan siswa dan kondisi guru siap membelajarkan siswa. Sedangkan usur pembelajaran konkruen dengan unsur belajar meliputi : motivasi belajar, sumber bahan belajar, alat bantu belajar, suasana belajar, subjek yang belajar.

No comments:

Post a Comment